11 Desain Rumah Minimalis Atap Datar Tanpa Genteng

Memilih jenis atap untuk proyek perumahan merupakan bagian penting dari perencanaan yang harus selaras dengan arsitektur rumah minimalis modern saat ini. Di masa lalu, atap dengan tatanan genteng yang terlihat jelas dan miring merupakan hal yang umum. Tetapi sekarang para arsitektur cenderung menggunakan atap datar tanpa genteng.

Desain Rumah Minimalis Atap Datar Tanpa Genteng

Apa itu atap datar?

Atap ini berbeda dengan atap konvensional yang biasanya berbentuk miring hampir 45 derajat. Permukaannya datar atau horizontal, walaupun terkadang miring sedikit hanya beberapa derajat. Dinding atau fasad pada rumah biasanya dibuat lebih tinggi dari permukaan atap sehingga menutupi dan terkesan datar. Sedangkan pada bagian permukaannya biasa ditutupi dengan lantai semen atau cor.

Keuntungan dan kerugian atap datar

Secara umum penggunaan atap datar dapat mengurangi penggunaan bahan material kayu yang artinya kita ikut melestarikan hutan sebagai penghasil kayu utama dibandingkan dengan atap konvensional yang menggunakan rangka kayu. Lantai semen juga lebih murah serta memiliki ketahanan yang lebih baik. Berbeda dengan atap genteng yang bisa saja pecah apabila terkena benda keras seperti lempatan batu. Selain itu, atap datar tanpa gentenng ini juga selaras dengan desain minimalis saat ini.

Kerugiannya adalah kita perlu memperhitungkan banyak hal, mulai dari pemberian lapisan anti bocor pada permukaan, pembuatan saluran air disekeliling atap, dan pastikan dinding harus lebih tinggi agar atap tidak terlihat. Apabila hal ini gagal dipenuhi, atap kita malah akan menjadi seperti kolam genangan air dan kebocoran bisa terjadi kapan saja.

Bahan apa yang digunakan untuk atap datar?

Pada umumnya jenis desain seperti ini menggunakan lantai semen yang dicampur fiber atau bisa juga menggunakan beton cor yang telah dicetak sebelumnya. Apapun bahannya, pastikan anda memberi lapisan anti bocor pada tahap akhir.

Berikut ini adalah 60 contoh desain rumah minimalis atap datar tanpa genteng yang telah kami pilih untuk sumber inspirasi anda.

Gambar 1 – Rumah bertingkat dengan atap datar

Rumah bertingkat dengan atap datar

Rumah dengan atap datar akan memberikan kesan fasad yang luas dan bersih. Warna putih yang netral tidak berbenturan dengan bahan lain yang digunakan, seperti batu bata dan kaca, sehingga memberikan perpaduan yang harmonis.

Gambar 2 – Rumah┬ámodern dengan atap datar

Rumah modern dengan atap datar dan fasad persegi

Cocok untuk fasad bergaris lurus atau persegi menyudut, diikuti dengan atap, pintu, kaca depan, dan pijakan pada jalan masuk yang sama-sama datar.

Gambar 3 – Rumah dengan atap datar yang terangkat dilapisi penutup logam

Rumah dengan atap datar yang terangkat dilapisi penutup logam

Alih alih menyembunyikan atap, rumah ini malah menampilkan atap dengan jelas dan ditutupi dengan logam yang menyambung dengan pondasi rumah.

Gambar 4 – Rumah dengan atap tertanam

Rumah dengan atap tertanam vertikal

Cobalah untuk bermain dengan pola horizontal dan vertikal pada atap untuk memperoleh nuansa arsitektur yang berbeda pada desain rumah anda.

Gambar 5 – Rumah atap datar dengan fasad dilapisi kayu

Rumah atap datar dengan fasad dilapisi kayu

Atap datar merupakan hal yang biasa pada rumah tingkat karena dapat dengan cara ini bisa memperluas bagian dalam, begitupun juga fasad bagian luar.

Gambar 6 – Rumah dengan perpaduan logam dan kayu pada atap

Rumah dengan perpaduan logam dan kayu pada atap

Gambar 7 – Rumah dengan atap bentuk geometri

Rumah dengan atap bentuk geometri

Memadukan geometri pada desain rumah anda dapat memberikan tampilan yang sangat berbeda pada rumah anda.

Gambar 8 – Rumah dengan atap dan tembok pembatas

Rumah dengan atap dan tembok pembatas

Gambar 9 – Rumah 2 lantai dengan atap datar

Rumah 2 lantai dengan atap datar

Gambar 10 – Rumah bernuansa putih dengan dominasi kaca bening

Rumah bernuansa putih dengan dominasi kaca bening

Gambar 11 – Perpaduan bahan pada permukaan atap

Perpaduan bahan pada permukaan atap