Cara Mengajarkan Anak Mengikat Tali Sepatu Sekolah 5 Lubang

Mengikat tali sepatu kedengarannya begitu sederhana dan cepat dikerjakan! Tapi ternyata anak-anak tidak setuju! Bagi mereka, kegiatan mengikat, memakai, atau memasang tali sepatu adalah sesuatu yang terbilang rumit, bahkan terlihat seperti sebuah trik sulap dimana tali sepatu menjadi saling terkait dan terikat kencang!

Siapa yang mengajarkannya kepada Anda untuk pertama kalinya tentang mengikat tali sepatu? Jawaban pada umumnya adalah orang tua dan ibu guru TK yang mencoba untuk membantu anak-anak sehingga terbiasa mengikat tali sepatu sendiri. Namun, banyak latihan yang diperlukan sampai berhasil … Ya, karena pada prinsipnya adalah: Praktek membuat sempurna!

Mengajarkan anak-anak bagaimana untuk mengikat tali sepatu

Mengajarkan anak-anak bagaimana untuk mengikat tali sepatu

Benang tali sepatu bisa digambarkan sebagai sebuah seni yang aneh. Metode dalam mengikat tali sepatu sangatlah bervariasi dengan hasil yang berbeda pula! Haruskah mengikat tali sepatu olahraga dan sepatu bisnis dengan cara yang sama? Jawabannya bisa tidak, karena disesuaikan dengan model sepatu dan keinginan orang tersebut sendiri.

Beberapa teknik bahkan cukup rumit untuk orang dewasa sekalipun, sehingga Anda harus berhati-hati untuk tidak mengharapkan keajaiban dari anak-anak.  Berikut muncul pertanyaan: Kapankah anak-anak harus dapat mengikat tali sepatu sendiri? Dengan kata lain: Kapankah anda  harus mengajarkan cara mengikat tali sepatu kepada anak-anak?

Belajar mengikat tali sepatu adalah keterampilan motorik yang rumit untuk anak-anak, namun dengan kesabaran dan praktik orang tua dapat mengajarkan anak mereka untuk mengikat tali pengikat mereka sendiri.

Pada anak-anak usia dini mengikat tali sepatu dapat membantu kemampuan motorik

mengikat tali sepatu dapat membantu kemampuan motorik

Beberapa anak belajar untuk mengikat sepatu lebih cepat dari yang lain. Bahkan pada usia 4-5 tahun, banyak anak-anak sudah dapat mengikat walaupun mungkin belum terlalu baik. Selain itu, anak-anak membutuhkan periode waktu yang berbeda sampai mereka menguasai teknik ini. Jadi apabila anak anda masih belum bisa mengikat tali sepatu sendiri, maka jangan dipaksakan. Anda harus bersabar dan tetap mengajarinya.

Belajar mengikat tali sepatu mainan

belajar mengikat tali sepatu mainan

Anda dapat membuat sebuah sepatu mainan seperti di atas yang terbuat dari kertas karton. Ajak anak anda untuk membuatnya bersama. Gambar dua pasang alas kaki, beri warna agar lebih menarik. Lalu buatlah 5 lubang di tiap gambar sebagai tempat tali sepatu. Untuk talinya, anda dapat menggunakan tali sepatu asli ataupun tali lainnya. Dengan sepatu mainan ini maka anda bisa melatihnya berkali kali tanpa takut terkena kotoran apabila menggunakan sepatu asli yang sudah dipakai.

Metode mengikat tali sepatu anak-anak termudah: Telinga Kelinci

Dua telinga kelinci adalah salah satu simpul yang paling mudah dipelajari untuk anak-anak. Untuk mempermudah anda, antara tali sepatu kanan dan kiri telah diberi warna yang berbeda. Cobalah mengajarkan teknik ini kepada anak anda untuk mengikat tali sepatu sekolah mereka sendiri:.

Membuat simpul pertama

mengikat tali sepatu sekolah: membuat simpul pertama

  1. Langkah pertama adalah untuk mengambil tali sepatu di masing-masing tangan.
  2. Silangkan tali hitam di atas tali merah pada bagian tengah.
  3. Ambil ujung tali hitam dan letakkan di atas tali merah. Sekarang tarik masing-masing tali melalui lubang dibawahnya.

Membuat telinga kelinci

membuat telinga kelinci

  1. Pegang pada ujung tali merah dan hitam dan tarik dengan kuat sehingga silangan menempel dengan sepatu.
  2. Ambil tali hitam dan membuat lingkaran kecil, atau ‘kelinci telinga’. Bagian telinga kelinci ini harus memiliki ekor panjang.
  3. Ambil tali merah dan membuat lingkaran kecil yang sama dengan tali hitam.

Mengikat simpul akhir pada tali sepatu

Mengikat simpul akhir pada tali sepatu

  1. Silangkan bagian tengah lingkaran hitam ( ‘kelinci telinga’) dan tengah lingkaran merah ( ‘kelinci telinga’).
  2. Ambil bagian atas loop merah ( ‘kelinci telinga’) dan meletakkannya di atas lingkaran hitam ( ‘kelinci telinga’). Sekarang tarik melalui lubang di antara tali tersebut.
  3. Letakkan jari Anda di dalam ujung-ujung ( ‘telinga kelinci’), kemudian tahan dan tarik kencang. Anda telah selesai, sekarang sepatu terikat dengan kuat.

Apabila anda mempunyai cara lain yang lebih mudah ataupun tips trik unik dan kreatif dalam mengajarkan tali sepatu anak-anak. Silahkan beri komentar.